Pameran Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Sketsa Dan Fotografi

Karya Seni Rupa 2 dimensi merupakan seni karya yang menghadirkan dua ukuran panjang dan lebar saja tanpa memiliki ruang. Dalam pengertian ini diambil bentuk gambar dalam permukaan datar, contohnya lukisan, seni grafis, ilustrasi dan banyak hal lagi. Di awal semester 2 kelas X dan kelas XI di SMAN 21 Bandung mempelajari karya Seni Rupa 2 dimensi, dimana kelas X mempelajari sketsa dan kelas XI mempelajari seni rupa 2 dimensi terapan yaitu Fotografi. Dari pembelajaran ini selama 3 bulan siswa selain mempelajari teori juga mempelajari praktik secara langsung, untuk fotografi meskipun hanya menggunakan smartphone tetapi hasil yang disuguhkan sangat menarik sekali. 

Proses pembuatan karya

Proses kelas X : pembelajaran dimulai dari membuat karya sesuai dengan apa yang siswa inginkan, dari hal tersebut dilakukan untuk melakukan assesmen awal dari setiap individu siswa, assesmen awal yang merupakan penilaian terhadap potensi yang dimiliki yaitu Imajinasi yang kuat. Sebagian besar siswa kelas X ternyata diluar dugaan mereka membuat gambar diluar ekspektasi, hasil karya awal mereka sangat bagus melebihi ekspektasi yang diharapkan. Maka dinyatakan bahwa kelayakan siswa mempelajari seni rupa dilihat dari imajinasi yang dimunculkan diawal pertemuan dengan membuat karya bebas sesuai dengan yang mereka inginkan.

Proses pembelajaran lanjut pada tahap pembuatan sketsa, sketsa wajah, sketsa bagian – bagian wajah, dan proses terakhir yaitu membuat lukisan. Tidak semua siswa kelas X menampilkan karya lukisnya karena setiap individu memiliki capaian masing – masing.

Proses Kelas XI : Fotografi adalah seni praktik mengambil gambar menggunakan kamera, jaman sekarang semakin canggih smartphone semakin canggih pula kamera yang dimilikinya, maka dari itu pemanfaatan teknologi secara bijak bisa diolah menjadi bentuk seni fotografi yang diabadikan dalam sebuah pameran. Kelas XI diberi arahan tatacara memotret menggunakan kamera DSLR ataupun kamera smartphone yang mereka miliki, dari mulai teknik fotografi sederhana, tema fotografi sampai pada posisi objek(pengambilan gambar menurut posisi objek yang diambil).

Selama 3 bulan lamanya, masing – masing kelas mempelajari cara untuk memahami karya seni rupa 2 dimensi, sampai pada akhirnya PTS Seni budaya dilaksanakan pada tanggal 9 maret 2024. Meskipun pada awalnya banyak yang meragukan waktu karena pada tanggal tersebut sekolah sudah libur awal Ramadhan akan tetapi karena pemakaian ruangan pameran adalah ruangan kelas, maka dari itu pemilihan tanggal libur menjadi salah satu jalan terbaik untuk melaksanakan pameran. “ seharusnya pameran diadakan untuk diperlihatkan kepada orang tua ataupun orang luar untuk memperlihatkan hasil belajar siswa bukan hanya dinikmati oleh warga salikur” tutur Ibu Nani Mulyani S.Pd.,M.Pmat (Kepala SMAN 21 Bandung) tapi dalam hal ini semoga pameran Seni Rupa ini menjadi wadah siswa dalam menyalurkan bakat seni nya karena terlihat banyak siswa yang terlibat dalam kegiatan ini dan karyanya sangat bagus sayangnya waktu yang digunakan untuk pameran ini hanya sekitar 1 jam saja. (red.romy)