(022) 7565909 sman21bdg@yahoo.co.id

OSIS YES, MAGER NO!

Dalam sebuah struktur organisasi yang diikuti oleh peserta didik di sekolah terjadilah regenerasi di dalamnya. Organisasi yang diikuti peserta didik mengalami pergantian  dalam kepengurusannya. Begitupun dengan OSIS SMAN 21 Bandung.  Setiap tahunnya selalu melaksanakan pergantian kepengurusan. Namun, sebelum pergantian pengurus, mereka dilatih terlebih dahulu melalui latihan dasar kepemimpinan osis (LDKO) tahun pelajaran 2020-2021.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, LDKO kali ini berjalan pada masa pandemi covid-19. Oleh karena itu, OSIS SMAN 21 Bandung dengan dibimbing oleh Wakasek Kesiswaan, Ibu Wida Widianti, S.Pd.Gr. Dan pembina osis, Ibu Srini Kartikajni, S.Pd. Dalam menempuh program LDKO tahun pelajaran 2020-2021 melaksanakan kegiatan tersebut secara daring.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 5-6 januari 2021. Peserta didik melaksanakan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan secara virtual dengan dilaksanakan di rumah masing-masing. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas XII,XI, sebagai panitia dan kelas X sebagai bakal calon anggota. Teknis kegiatan LDKO, beberapa panitia dengan jumlah yang dibatasai sebanyak sepuluh orang tetap berada di sekolah untuk mengkoordinir kegiatan. Peserta yang lainnya tetap berada di rumah.

Dalam pelatihan ini, peserta didik diberikan materi sebagai bekal mereka berorganisasi secara daring dengan beberapa pemateri yang berkompeten di bidangnya. Pemberian materi tersebut diantaranya materi keagamaan dengan narasumber adalah Bapak Jujun Junaedi, S.Pd.,M.Pd., materi keorganisasian dengan pemateri Bapak Arman Tirtajaya, S.Pd.,M.Pd., materi kepemimpinan oleh Bapak Hendra Permana, S.Pd, dan terakhir materi kesekretariatan dan kebendaharaan oleh Bapak Ahmad Zarnudji, S.Sos.

Para peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan ini walaupun dengan kondisi yang tidak bisa bertatap muka langsung. Dengan dibuka oleh Kepala Sekolah, Bapak Dani Wardani, S.Pd. M.M.Pd., peserta didik  mengikuti kegiatan dari awal hingga selesai. Mereka dengan aktif bertanya dan mengikuti materi serta game.

Setelah Rangkaian LDKO selesai, OSIS SMAN 21 Bandung melangsungkan kegiatan sertijab, serah terima jabatan dari kepengurusan sebelumnya kepada kepengurusan baru pada tanggal 11 Januari 2021. Dengan diketuai oleh Alvira Sheilani, OSIS SMAN 21 Bandung diharapkan mampu menjadi organisasi yang tangguh dan mampu menyerap aspirasi peserta didik dalam belajar berorganisasi dan memiliki karakter yang unggul.

 

OLEH KEHUMASAN SMAN 21 BANDUNG
NURHIDAYAH, S.Pd