Select Page

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah telah melakukan berbagai usaha, diantaranya dengan mengembangkan kurikulum, sistem pendidikan, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan dan pengadaan materi ajar, serta berbagai pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya. Sekolah sebagai unit pelaksana pendidikan formal terdepan memerlukan layanan pendidikan yang beragam dan maksimal. Oleh karena itu, sekolah harus dinamis dan kreatif dalam mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan. Dengan telah terpenuhinya seluruh kriteria Standar Nasional Pendidikan, maka SMA Negeri 21 Bandung akan lebih optimal dalam memberikan layanan pendidikan pada seluruh peserta didik, sehingga diharapkan terjadinya peningkatan kualitas hasil belajar. Untuk meningkatkan mutu pendidikan harus didukung oleh berbagai kebutuhan yang memadai termasuk sarana prasarana yang mendukung pada proses kegiatan belajar mengajar.

Dalam meningkatkan mutu pendidikan, SMAN 21 Bandung harus memiliki sarana kegiatan pembelajaran yang representatif sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kenyamanan tidak hanya dalam proses pembelajaran yang dirasakan oleh peserta didik maupun guru. Kenyamanan dapat berupa ruang kelas yang bersih dan nyaman, ruang kantor  yang representatif serta laboratorium yang memadai. Selain itu tidak terlepas pula kondisi gedung sekolah yang harus juga indah dan memadai. Kondisi gedung sekolah yang nyaman sangat berpengaruh terhadap jalannya proses kegiatan pembelajaran di sekolah. Gedung sekolah yang indah akan  meningkatkan kenyamanan warga sekolah di dalamnya juga menambah daya tarik masyarakat untuk menyekolahkan di sekolah itu sendiri.  Kenyamanan tersebut akan berimplikasi pada peningkatan kualitas pelayanan guru maupun TU terhadap peserta didik. Begitupun dengan kondisi peserta didik yang pada akhirnya akan semangat belajar dan meningkat prestasi belajarnya. Bila membandingkan dengan sekolah lain yang sudah memiliki gedung sekolah yang modern dan representatif, sekolah kami memiliki mimpi yang sama bahkan lebih yaitu memiliki bangunan sekolah yang modern yang menjadi kebanggaan kami sebagai warga di dalamnya. Sehingga sekolah kami bisa memberikan pelayan terbaik kepada peserta didik dan menambah nilai jual bagi sekolah kami yang berimplikasi pada meningkatnya minat masyarakat untuk bersekolah di SMAN 21 Bandung. Ketika minat masyarakat meningkat untuk menyekolahkan putra-putrinya di sekolah kami, bukan tidak mungkin sumber daya manusia/input peserta didik yang masuk juga unggul yang pada akhirnya sekolah kami mampu bersaing dengan sekolah lain dalam meningkatkan prestasi di bidang akademik maupun nonakademik, sehingga sekolah kami menjadi sekolah unggulan di sekitar daerah kami dan mampu meningkatkan sumber daya manusia (peserta didik) dalam menjawab tantangan global.

Upaya untuk mewujudkan harapan tersebut, SMA Negeri 21 Bandung melakukan ikhtiar dengan meminta bantuan kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk merenovasi gedung tampak depan. Pada tanggal 18 September 2020, satuan pendidikan menerima bantuan tersebut dan memanfaatkannya dengan langsung melakukan pemugaran untuk gedung tampak depan. Dalam kurun waktu empat bulan pembangunan tersebut bisa diselesaikan dengan baik. Namun ternyata pembangunan tampak depan tidak serta merta memberikan pemandangan yang baru di sekolah kami. Oleh karenanya, dilakukan juga pemugaran tampak dalam dan perpindahan ruang perkantoran.

Ruang perkantoran yang berpindah adalah ruang kepala sekolah yang berpindah ke ruang wakasek. Ruang guru yang diperluas sehingga menyatu antara ruang wakasek, guru dan UKS. Ruang TU yang juga dilakukan pemugaran dan tata letak ruang kerja. Selain pemugaran sekolah, sekolah juga mengadakan pemenuhan fasilitas perkantoran, seperti meja dan kursi baru, lemari baru dan desain interior modern di ruang guru. Pengadaan fasilitas di ruang TU, ruang kepala sekolah, dan beberapa kelas diganti kursi lama dengan kursi yang baru.

Melihat suasana SMAN 21 Bandung sekarang tentunya berbeda dengan pembangunan sebelumnya. Dengan dikelola oleh wakasek sarana dan prasarana yaitu Bapak Dr. Arman Tirtajaya beserta staf Ibu Hj. Dian Putri Wulan, S.Pd., sekolah menjadi sangat indah dan nyaman. Peran yang besar juga hadir dari bapak kepala sekolah, Dani Wardani, S.Pd.,M.M.Pd. yang selama ini berusaha untuk membangun fisik dan mental sekolah tercinta ini. Jika warga Salikur yang dulu pernah bersekolah ini atau yang pernah bertugas di sini, tentunya akan merasa bangga dengan perubahan yang terjadi sekarang ini. Doa dan bantuan dari seluruh komponen di dalamnya juga akan sangat berarti untuk kemajuan sekolah kebanggan kita ini.

Oleh Kehumasan SMAN 21 Bandung

Nurhidayah, S.Pd